Jumat, 28 Maret 2014

HIDUP ADALAH PETUALANGAN ATAU TIDAK BERARTI APA-APA

Ditulis : Coretan Embun
Masalah dalam kehidupan buat saya adalah sebuah petualangan. Seperti berpetualang, kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di depan mata. Akan banyak sekali kejutan bagi seorang petualang. Mungkin manis kadang asam ataupun pahit. Sebagai petualang sejati setiap masalah tidak selalu berjalan mulus. Kadang kalah dulu baru menang. Begitu pula dalam kehidupan,

Bagaimana menghadapi segala permasalahan dalam kehidupan sekaligus bagaimana kita menghadapi segala rintangannya kemudian mengatasinya lalu menjadi pemenang? Seorang petualang sejati otaknya akan selalu berpikir bagaimana menghadapi tantangan maupun rintangan. Dan sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Dan bila mampu menghadapi semuanya berarti menjadi pemenang dalam menghadapi permasalahan itu sendiri.


Pernah nonton film Tom’s Rider gak? Saya suka sekali dengan cerita petualangan di film itu. Cerita tentang seorang wanita sexy yang jagoan bernama Lara Croft yang dengan kemahiran dan kecerdasannya mengatasi segala rintangan dan tantangan. Memecahkan teka teki dengan sempurna. Film yang di bintangi oleh Angelina Jolie itu di adaptasi dari sebuah game yang berjudul sama yaitu Tom’s Rider.
Atau sebuah film petualangan seperti Indiana Jones, petualangan Dora the explorer dan Bocah Petualang (Bolang). Hal ini menunjukkan petualangan tidak hanya menjadi bagian dari orang dewasa. Anak-anak pun membutuhkan petualangan. Petualangan bagi anak-anak juga akan menjadi pembelajaran dan pengalaman baru di dunia mereka. Jadi petualangan tidak mengenal batasan usia. Persamaannya adalah semua menawarkan masalah, tantangan dan kesulitan untuk kemudian bagaimana kita dapat mengatasi permasalahan itu.
Petualangan dalam olah raga pun ada, misalkan arung jeram, bungi jumping atau flying fox dan lainnya. Semua menawarkan tantangan dan bagaimana kita memenangkannya bagi diri kita sendiri. Setidaknya memenangkan bahwa kita berhasil mengalahkan ketakutan kita akan bahaya dan menantang keberanian. Olah raga menantang seperti itu akan melatih kita berpikir bagaimana kita dapat mengendalikan diri dan menjadi pemenang sekaligus.
Petualangan hidup bukan sekedar game, film ataupun olah raga. Banyak sekali permasalahan dalam kehidupan yang tidak bisa ditebak dan diprediksi. Tapi anggaplah itu semua sebagai petualangan dan tantangan bagaimana kita mengatasinya. Jadi permasalahan dalam kehidupan jangan dianggap berat. Sehingga kita pun enjoy dalam menghadapi dan menjalaninya. Tentu juga dengan berpikir bagaimana cara mengatasinya dan menjadi pemenang masalah setidaknya untuk diri kita sendiri.
Jadilah petualang sejati dalam kehidupan. Kuncinya adalah optimis dan sikap positif. Tidak mudah menyerah apalagi putus asa. Jadilah petualang sejati bukan pecundang bermental tempe. Selamat menjalani setiap petualangan Anda atau hidup Anda akan tidak berarti apa-apa karena tanpa warna, tanpa kejutan, tidak menantang dan membosankan. Anda perlu sebuah petualangan? Hadapilah hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar